Cara Mudah Cek Versi PHP

Monday, March 26, 2018

PHP : Hypertext Preprocessor
PHP : Hypertext Preprocessor
Cara Mudah Cek Versi PHP - Kamu mau belajar membuat sebuah website menggunakan PHP? Kamu belum mengetahui berapa versi PHP yang terinstall di komputermu atau di server yang kamu gunakan? Begini caranya..
PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor" yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat atau mengembangkan sebuah website yang bisa dipadukan dengan HTML (sumber: Google).

Dalam membuat sebuah website yang menggunakan bahasa pemrograman PHP tentunya kamu juga harus mengetahui versi PHP yang kamu pakai. Ini perlu kamu ketahui karena dalam mengembangkan sebuah website menggunakan PHP disarankan menggunakan versi PHP yang paling baru karena saat ini kebanyakan server hosting sudah menggunakan PHP versi terbaru (PHP Versi 7).
Ketika kamu membuat website dengan menggunakan PHP versi lama (PHP Versi 5 kebawah) dan kemudian kamu ingin mengupload atau menghosting website kamu ke server yang sudah menggunakan PHP versi terbaru (PHP versi 7) maka kamu akan mendapati beberapa kode yang kamu buat menjadi error karena kode tersebut sudah tidak berlaku atau berbeda dengan PHP versi yang baru.

Dengan demikian kamu perlu mengetahui versi PHP yang sedang kamu gunakan atau yang server atau hostingmu gunakan.
Berikut ini adalah langkah-langkah mengecek versi PHP yang ada dikomputer kamu dan atau PHP yang ada di server atau hosting yang kamu akan gunakan.

Cek Versi PHP pada komputer lokal
  1. Langkah pertama adalah pastikan kamu sudah menginstall XAMPP pada komputer kamu. Kalau belum silakan download disini.
  2. Apabila sudah terinstall maka aktifkan dulu Apache dan juga Mysql nya.
  3. Selanjutnya buka browser kamu trus ketikkan http://localhost/xampp/ maka kamu akan masuk ke halaman XAMPP kamu.
  4. Setelah itu, cari dan pilih phpinfo() seperti pada gambar dibawah ini.
  5. Cek PHP version
    Cek PHP version
  6. Selanjutnya kamu akan melihat versi PHP yang ada pada komputer kamu secara jelas seperti gambar dibawah ini.
  7. PHP versi 5.3.8
    PHP versi 5.3.8
  8. Seperti gambar diatas, versi PHP yang digunakan adalah versi 5.3.8

Cek Versi PHP pada server atau hostingan
Pada server atau hostingan biasanya sudah tertera versi PHP yang digunakan. Namun apabila kamu tidak menemukannya, langkahnya antara lain sebagai berikut:
  1. Masuk ke akun hostingan atau server yang sudah kamu sewa sebelumnya. Biasanya kamu mendapat akses ke Cpanel nya.
  2. Selanjutnya cari folder public_html atau folder www (berbeda tergantung hostingan atau cpanel) dimana folder ini merupakan folder untuk mengupload file-file website kamu.
  3. Selanjutnya buat sebuah file baru kemudian berilah nama seperti contoh phpinfo.php.
  4. Setelah itu, edit file tersebut kemudian tambahkan code berikut ini:
  5. [code]<?php echo phpinfo(); ?>[/code]
  6. Selanjutnya simpan file tersebut kemudian akses filde tersebut pada browser seperti contoh http://namadomain.com/phpinfo.php
  7. Hasilnya akan muncul sama seperti gambar diatas sebelumnya.
Sebenarnya cara kedua ini bisa juga diterapkan untuk mengecek versi PHP di komputer lokal kamu karena keduanya akan menghasilkan tampilan yang sama.

Nah demikianlah Cara Mudah Cek Versi PHP versi admin, semoga bisa membantu kamu yang sedang belajar membuat website mengggunakan PHP untuk mengetahui berapa versi PHP yang sedang kamu gunakan.

No comments:

Post a Comment