Koneksi Codeigniter dengan SQL Server? Begini Caranya

Saturday, March 24, 2018

Codeigniter dengan SQL Server
Codeigniter dengan SQL Server
Tutorial Koneksi Codeigniter dengan SQL Server - Bagi kamu yang merupakan seorang developer website pasti sudah mengenal tentang Codeigniter. Biasanya Codeigniter dikoneksikan dengan Mysql sebagai server dan juga tempat databasenya. Bagaimana jika Codeigniter dikoneksikan dengan SQL Server?  Simak pembahasan berikut ini.

Bagi kamu yang sedang belajar membuat website menggunakan framework, Codeigniter merupakan salah satu framework yang sedang banyak digunakan saat ini. Kamu bisa download Codeigniter disini.
Berikut ini admin akan memberikan langkah-langkah bagaimana mengkonfigurasi Codeigniter dengan SQL Server. Sebelumnya pastikan kamu sudah melakukan instalasi Codeigniter dengan sukses, selanjutnya simak tahapan berikut ini:
  1. Langkah pertama adalah mengecek versi PHP yang kamu gunakan. Versi PHP perlu diketahui karena nanti kamu akan mendownload driver PHP ke SQL Server sesuai dengan versi PHP yang kamu gunakan. Silakan cek Tutorial Cek versi PHP apabila kamu belum mengetahuinya.
  2. Selanjutnya adalah melakukan Download Microsoft Drivers for PHP for SQL Server, ini adalah driver yang berguna untuk koneksi antara PHP dengan SQL Server. Kamu bisa download langsung di situs resmi Microsof disini. Pada tab System Requirements dijelaskan versi driver yang sesuai dengan versi PHP yang kamu pakai.
    Versi-versi Driver SQL Server
    Versi-versi Driver SQL Server
    Pastikan kamu download sesuai dengan versi PHP yang kamu pakai. Karena admin memakai PHP versi 7 maka admin mendownload file driver Versi 4.
  3. Setelah selesai download, klik 2 kali untuk extrak filenya. Kamu akan melihat ada beberapa file .dll disana. Pilih file yang berakhiran _ts.dll dan sesuaikan dengan versi Windows kamu. Contohnya php_sqlsrv_71_ts_x64.dll untuk Windows 64 bit dan php_sqlsrv_71_ts_x86.dll untuk Windows 32 bit.
  4. Baca juga : Tutorial Mengecek Versi Windows
  5. Selanjutnya copy file .dll tersebut ke folder C:/xampp/php/ext (menyesuaikan tempat kamu menginstall XAMPP).
  6. Selanjutnya adalah mengaktifkan/enable driver tersebut agar bisa digunakan. Langkahnya adalah dengan cara buka file php.ini yang terletak pada folder C:/xampp/php (menyesuaikan tempat kamu menginstall XAMPP), kemudian cari/find extension=php_mysqli.dll. Setelah menemukannya, tambahkan ini dibawahnya extension=php_sqlsrv_71_ts_x64.dll (sesuaikan dengan file yang kamu gunakan).
  7. Setelah selesai, simpan dan close file php.ini tadi, kemudian restart apache/PHP service. Sampai langkah ini berhasil artinya driver PHP to SQL Server sudah terinstall.
  8. Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada Codeigniter yang telah kamu install. Langkahnya adalah buka folder application/config pada direktori Codeigniter kamu kemudian buka file database.php.
  9. Lakukan pengaturan seperti dibawah ini:
[code]
'hostname' => 'localhost', //masukkan hostname atau IP server tempat database kamu
'username' => 'userXX', //masukkan username database kamu
'password' => 'passXX', //masukkan password databasekamu undefinedjika ada)
'database' => 'DB_TEST', //masukkan nama database kamu
'dbdriver' => 'sqlsrv', //ini adalah driver yang kita install tadi
[/code]

Setelah semua langkah tersebut kamu lakukan, kamu akan dapat menggunakan Codeigniter dengan database SQL Server dengan lancar.
Demikian Tutorial Koneksi Codeigniter dengan SQL Server, semoga dapat membantu kamu yang sedang mengalami masalah tersebut

3 comments